Berhubung sekarang saya sedang berada di dunia game development, jadi kali ini saya akan membahas secara singkat tentang Glest .

Glest merupakan sebuah game strategy 3D open source dan juga gratis atau berlisensi GNU-GPL. Glest dibuat oleh sebuah tim di Spanyol. Karena Glest merupakan game open source, maka kita bisa mengubah atau mengembangkannya sesuai dengan keinginan kita, asalkan kita bisa menguasai bahasa pemrograman (untuk Glest kita harus menguasai C++). Selain itu, kita juga bisa membuat sebuah game baru dengan menggunakan Engine Glest ini.

Secara keseluruhan Glest ini mirip-mirip game Warcraft III atau game strategy 3D lainnya, tetapi yang membedakannya adalah game bisa kita download secara gratis. Glest telah merancang dua faction, yaitu Magic dan Tech. Kedua faction ini memiliki perbedaan dari bentuk unit pemain, bangunan, dan kekuatan. Glest dapat kita secara kasar dengan cara mengubah file xml. Karena setiap unit, bangunan, dan kemampuannya terdapat pada property yang disimpan di file xml yang bersangkutan. Kita juga dapat menambah unit dan bangunan sesuai kemauan kita. Glest menggunakan file G3D, yang dapat kita export dari 3ds MAX atau Blender. Map yang digunakan pada game, kita juga bisa membuatnya sendiri. Tools yang perlu kita gunakan adalah Glest Map Editor.

Walaupun bahasan tentang Glest ini singkat, saya harap dapat menambah wawasan kita semua. Tapi kalo mau baca yang lebih lengkap, bisa baca disini. Atau masuk aja ke forumnya disini.

Bagi anda yang mau mengunduh (kosakata baru yang saya dengar, translate dari download :D), silahkan klik disini :

1. Game Glest

2. Glest Source

3. Glest Data

4. Glest Tools