Baiklah kali ini saya akan membagi sedikit ilmu tentang dunia compile-mengcompile.
Apakah sudah ada yang mengunduh Glest 3.2.2 source. Kalo belum silahkan unduh dulu. Bisa di unduh di sini http://sourceforge.net/projects/glest/files/. Pilih glest source versi 3.2.2 dan glest data 3.2.1.
Untuk mengcompile Glest 3.2.2 ini saya sengaja menggunakan Visual Studio 2003 karena library di Visual Studio 2003 lebih lengkap bila dibandingkan dengan Visual Studio versi lainnya. Setahu saya sich gitu, tapi kalo ada yang bisa megcompile selain dengan Visual Studio 2003 mohon kasih tau saya gimana caranya! Saya kan masih baru, jadi mohon bimbingan dari semuanya!
1. Software yang harus di install :
- Microsoft Visual Studio 2003
- Winrar, Winzip, 7zip atau software untuk membuka file compress.
2. External Library yang dibutuhkan :
- Xerces 2.6.0 (bisa di download di link : http://www.apache.org/dist/xml/xerces-c/binaries/WinNT_msvc60/xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60.zip).
- OggVorbis Win32 SDK 1.0.1 (bisa di download di link : http://www.vorbis.com/files/1.0.1/windows/OggVorbis-win32sdk-1.0.1.zip).
- OpenGL SDK files (bisa di download di link : http://oss.sgi.com/projects/ogl-sample/GLsdk.zip).
- Glutlib (bisa di download di link : http://opengl.org/resources/libraries/glut/glut37.zip).
3. Pembuatan Directori untuk penyimpanan Source file :
- Buat folder dengan nama ‘Glest’ di drive ‘D’ atau “E” sesuai dengan selera Anda. Jangan di “C” karena nanti takut terformat apabila Anda akan install ulang Windows.
- Di dalam folder ‘Glest’ tadi, buat kembali folder dengan nama “Dependencies” dan “Glest3.2.2”.
- Folder ‘shared_lib’ yang ada di folder “glest_source_3.2.2\source”, folder library (‘xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60’, ‘OggVorbis-win32sdk-1.0.1’ dan ‘GLsdk’) yang telah dibuka cempress-nya (di unzip) di copy lalu paste ke folder ‘Dependencies’.
- Buka folder ‘shared_lib’ lalu buat folder baru dengan nama ‘lib’.
- Buka folder ‘Glest3.2.2’ lalu buat folder baru dengan nama ‘Source’ dan ‘bin’.
- Copy semua folder yang ada di folder “glest_source_3.2.2\source\glest_game” ke folder ‘Source’ yang ada di dalam folder ‘Glest3.2.2’.
- Copy semua file dan folder yang ada di folder “glest_data_3.2.1\glest_game” ke folder ‘bin’.
4. Pembuatan GlestLib :
- Buka Microsoft Visual Studio 2003, pilih ‘File’ -> ‘New’ -> ‘Project’. Pada layar ‘New Project’ pilih ‘Visual C++ Projects’ -> ‘Win32’ -> ‘Win32 Console Project’.
- Beri nama project sebagai ‘GlestLib’. Ubah ‘Location’ menjadi ‘D:\Glest\Dependecies\shared_lib’. Klik ‘OK’.
- Di layar ‘Win32 Application Wizard’ pilih ‘Application Settings’. Di Additional Options pilih : ‘Empty Project’ dan Application type : klik ‘Static Library’. Klik ‘Finisih’.
- Di project GlestLib yang kita buka di Visual Studio, klik kanan folder ‘Source Files’ -> ‘Add’ -> ‘New Folder’ dan beri nama ‘Graphics’. Buat lagi folder yang lainnya di dalam ‘Source Files’ dan beri nama ‘Lua’, ‘Platform‘, ‘Sound‘, ‘Util‘ dan ‘Xml‘.
- Di dalam folder ‘Graphics’ yang terdapat pada ‘Source Files’ dan ‘Header Files’, buat folder dengan nama ‘gl’.
- Sekarang kita dapat menambahkan file ke dalam folder yang sesuai. Dengan cara klik kanan pada folder ‘Graphics’ -> ‘Add’ -> ‘Add Existing Item’. Di dalam layar ‘Add Existing Item’, arah ke folder ‘D:\Glest\Dependencies\shared_lib\sources\graphics’, kemudian pilih semua file yang berekstensi *.cpp klik tombol ‘Open’.
- Selanjutnya, untuk folder ‘gl’ klik kanan folder ‘gl’ -> ‘Add’ -> ‘Add Existing Item’. Di dalam layar ‘Add Existing Item’, arahkan ke folder yang ‘D:\Glest\Dependencies\shared_lib\sources\graphics\gl’, kemudian pilih semua yang berekstensi *.cpp klik tombol ‘Open’. File tersebut harus berada di subfolder yang bernama ‘gl’ yang ada di bawah folder ‘Graphics’ pada project Visual Studio.
- Lakukan langkah yang sama pada folder ‘Lua’, ‘Platform‘, ‘Sound‘, ‘Util‘ dan ‘XML‘. Untuk folder ‘Sound’ kita hanya memasukkan file yang ada di folder ‘D:\Glest\Dependencies\shared_lib\source\sound’ dan ‘D:\Glest\Dependencies\shared_lib\sources\sound\ds8’ tanpa harus menambahkan subfolder di dalamnya. Dan untuk folder ‘Platform‘ kita memilih file yang ada di folder ‘win32‘.
- Sekarang kita membutuhkan langkah yang sama untuk ‘Header Files’. Jadi buatlah folder di bawah ‘Header Files’ di dalam project (‘Graphics‘, ‘Graphics\GL‘, ‘Lua’, ‘Platform‘, ‘Sound‘, dan ‘XML‘). Setelah membuat folder, ulangi langkah di atas untuk menambahkan file ke dalam folder yang sesuai, tapi arahkan ke folder ‘D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\’. Kali ini kita hanya akan menambahkan file yang berekstensi *.h, bukannya *.cpp seperti sebelumnya.
- Selanjutnya kita memerlukan file yang ada di library GLsdk. Ada file sebuah source file (glprocs.c) and beberapa header files (wglext.h, gl.h, glext.h, glprocs.h). File tersebut berada di folder ‘D:\Glest\Dependencies \GLsdk\GL’. Gunakan cara seperti di atas untuk menambahkan 1 source file dan 4 header file. Simpan saja file tersebut di folder ‘Source Files’ dan ‘Header Files’ tanpa harus membuat folder baru.
- Klik kanan project ‘GlestLib’ di Visual Studio dan pilih ‘Properties’. Klik folder ‘C/C++’ dan pilih ‘General’. Atur ‘Output Directory’ isi dengan ‘.\lib’. Kemudia klik ‘Additional Include Directories‘, lalu atur seperti berikut :
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\graphics
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\graphics\gl
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\lua
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\platform\win32
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\sound
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\sound\ds8
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\util
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\xml
D:\Glest\Dependencies\GLsdk\GL
D:\Glest\Dependencies\oggvorbis-win32sdk-1.0.1\include
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\include
- Di bawah ‘General’, klik ‘Precompiled Headers’. Atur ‘Create/Use Precompiled Header‘ menjadi ‘Not using precompiled headers‘.
- Klik folder ‘Librarian’ dan pilih ‘General’. Atur ‘Output File’ menjadi ‘$(OutDir)/GlestLib.lib’ untuk ‘Release’ dan ‘$(OutDir)/GlestLibd.lib’ untuk ‘Debug’.
- Klik ‘Additional Library Directories‘, lalu atur seperti berikut :
C:\Program Files\Microsoft Visual Studio .NET 2003\Vc7\PlatformSDK\Lib;
D:\Glest\Dependencies\oggvorbis-win32sdk-1.0.1\lib;
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\lib;
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\bin;
D:\Glest\Dependencies\lualib
- Sekarang silahkan compile projectnya. Klik kanan ‘GlestLib’ project pilih ‘Build’. Atau tekan tombol ‘F5’. Apabila Anda telah mencoba membuild project tetapi gagal, klik ‘Clean Solution’, kemudian klik ‘Build’ kembali.
- Untuk melihat hasil compile, silahkan buka folder ‘lib’ yang ada di dalam folder ‘shared_lib’ dan temukanlah file GlestLib.lib.
5. Pembuatan Glest 3.2.2 :
- Buka Microsoft Visual Studio 2003 atau pada project ‘GlestLib’, pilih ‘File’ -> ‘New’ -> ‘Project’. Pada layar ‘New Project’ pilih ‘Visual C++ Projects’ -> ‘Win32’ -> ‘Win32 Console Project’.
- Beri nama project sebagai ‘Glest’. Ubah ‘Location’ menjadi ‘D:\Glest\Glest3.2.2‘. Klik ‘OK’.
- Di layar ‘Win32 Application Wizard’ pilih ‘Application Settings’. Di Additional Options pilih : ‘Empty Project’ dan Application type : klik ‘Console Application’. Klik ‘Finisih’.
- Di project ‘Glest’ yang kita buka di Visual Studio, klik kanan folder ‘Source Files’ -> ‘Add’ -> ‘New Folder’ dan beri nama ‘Ai’. Buat lagi folder yang lainnya di dalam ‘Source Files’ dan beri nama ‘Facilities’, ‘Game‘, ‘Global‘, ‘Graphics‘, ‘Gui’, ‘Main’, ‘Menu’, ‘Network’, ’Sound’, ‘Type_Instances’, ‘Types’ dan ‘World‘. Lakukan hal yang sama di dalam folder ‘Header Files’.
- Sekarang kita dapat menambahkan file ke dalam folder yang sesuai. Dengan cara klik kanan pada folder ‘Ai’ -> ‘Add’ -> ‘Add Existing Item’. Di dalam layar ‘Add Existing Item’, arah ke folder ‘D:\Glest\Glest3.2.2\Source\ai’, kemudian pilih semua file yang berekstensi *.cpp klik tombol ‘Open’.
- Lakukan langkah yang sama pada folder ‘Facilities’, ‘Game‘, ‘Global‘, ‘Graphics‘, ‘Gui’, ‘Main’, ‘Menu’, ‘Network’, ’Sound’, ‘Type_Instances’, ‘Types’ dan ‘World‘.
- Sekarang kita membutuhkan langkah yang sama untuk ‘Header Files’. Jadi buatlah folder di bawah ‘Header Files’ di dalam project (‘Ai’, ‘Facilities’, ‘Game‘, ‘Global‘, ‘Graphics‘, ‘Gui’, ‘Main’, ‘Menu’, ‘Network’, ’Sound’, ‘Type_Instances’, ‘Types’ dan ‘World‘). Setelah membuat folder, ulangi langkah di atas untuk menambahkan file ke dalam folder yang sesuai, tapi arahkan ke folder ‘D:\Glest\Glest3.2.2\Source\’. Kali ini kita hanya akan menambahkan file yang berekstensi *.h, bukannya *.cpp seperti sebelumnya.
- Klik kanan project ‘Glest’ di Visual Studio dan pilih ‘Properties’. Klik folder ‘C/C++’ dan pilih ‘General’. Atur ‘Output Directory’ isi dengan ‘..\bin’. Kemudia klik ‘Additional Include Directories‘, lalu atur seperti berikut :
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\ai;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\facilities;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\game;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\global;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\graphics;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\gui;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\main;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\menu;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\network;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\sound;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\type_instances;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\types;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\world;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\graphics;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\graphics\gl;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\lua;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\platform\win32;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\sound;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\sound\ds8;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\util;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\xml;
D:\Glest\Dependencies\GLsdk\GL;
D:\Glest\Dependencies\oggvorbis-win32sdk-1.0.1\include;
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\include
- Di bawah ‘General’, klik ‘Precompiled Headers’. Atur ‘Create/Use Precompiled Header‘ menjadi ‘Not using precompiled headers‘.
- Klik folder ‘Linker’ dan pilih ‘General’. Atur ‘Output File’ menjadi ‘$(OutDir)/Glest.exe’ untuk ‘Release’ dan ‘$(OutDir)/Glestd.exe’ untuk ‘Debug’.
- Klik ‘Additional Library Directories‘, lalu atur seperti berikut :
C:\Program Files\Microsoft Visual Studio .NET 2003\Vc7\PlatformSDK\Lib”;
D:\Glest\Dependencies\lualib;
D:\Glest\Dependencies\GLsdk\GL;
D:\Glest\Dependencies\oggvorbis-win32sdk-1.0.1\lib;
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\bin;
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\lib;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\lib
- Klik ‘Input’ di bawah folder ‘Linker’, isi ‘Additional Dependencies‘ seperi berikut :
OpenGL32.lib
glu32.lib
glaux.lib
dsound.lib
dxguid.lib
GlestLib.lib
ogg_static.lib
vorbis_static.lib
vorbisfile_static.lib
xerces-depdom_2.lib
xerces-c_2.lib l
ua51.lib
Ws2_32.lib
BGHELP.lib
- Sekarang silahkan compile projectnya. Klik kanan ‘GlestLib’ project pilih ‘Build’. Atau tekan tombol ‘F5’. Apabila Anda telah mencoba membuild project tetapi gagal, klik ‘Clean Solution’, kemudian klik ‘Build’.
6. Jalankan file exe yang telah di compile
- Buka folder ‘bin’ yang ada di dalam folder ‘D:\Glest\Glest3.2.2’ jalankan file ‘Glest.exe’.
Hal yang perlu diperhatikan adalah komputer anda harus dapat menjalankan Glest. Untuk mengetahuinya, terlebih dahulu install Glest yang sudah ada sebelumnya (instalannya).
Penjelasan :
- Drive ‘D’ adalah drive yang ada di komputer yang saya pakai. Silahkan anda mengatur sendiri Drive mana yang akan anda pakai sesuai keinginan anda.
- Untuk menginstall glutlib anda dapat membaca file ‘Read Me.txt’.
Tips :
- Untuk penulisan direktori sebaiknya ditulis seperti ini ‘..\include\graphics’. Gunanya apabila project itu akan dipindah ke direktori yang berbeda, tidak perlu mengatur kembali. Makan banyak waktu.
Untuk penjelasan lebih lanjut bisa lihat di website Glest atau pun bergabung dengan Forum Glest. Setelah source bisa di compile dengan sukses, maka sekarang anda dapat membuat scenario game anda sendiri berdasarkan Engine Glest ini.
Selamat Mencoba!
Begitulah ilmu yang dapat saya bagi pada postingan kali ini. Kalo ada yang mau ditanyakan silahkan memberikan komen. Atau apabila ada yang mau menyanggah atau memberikan masukkan akan saya terima dengan senang hati.
Untuk referensi selebihnya bisa dilihat di :
Note : Sebenarnya saya ingin memposting ini dari jauh-jauh hari, tetapi karena kesibukan dan sangat MALAS-nya saya untuk mengingat kembali langkah-langkah yang sedikit rumit sehingga pekerjaan ini sedikit terhambat. Semoga bermanfaat.
septarius
Mar 06, 2010 @ 14:33:15
…
Wew…
Mencoba mencerna, tapi teteup aja gak ngerti..
He..he..
Artikelnya terlalu rumit buat otak saya..
🙂
Smoga bermanfaat bg yg ngerti..
..
Thanks kunjungannya di blog saya..
😉
..
ian
Mar 07, 2010 @ 04:34:47
udah expert ya kayaknya 😉
sedjatee
Mar 07, 2010 @ 23:13:45
salam kenal.. thanks kunjungannya, Om…
wah… bahasanya komputer bangett,
gak mudheng ki..
salam sukses ya Om…
sedj
http://sedjatee.wordpress.com
ImUmPh
Mar 08, 2010 @ 01:43:20
@septarius : hehe…. sory… ini soalnya baru pertama kali post tentang tutorial compile, jadi masih berantakan
@ian : masih newbie saya mah
@sedjatee : mank terlalu baku yapz!!
hellgalicious
Mar 08, 2010 @ 03:38:52
wiihh
programmer ya?
mangtabs scriptnya gan
boleh dicoba tuh
ImUmPh
Mar 09, 2010 @ 02:05:06
newbie programmer…
silahkan klo mw dicoba.
Yolanda
Mar 09, 2010 @ 05:05:11
nice info gan 😀
darahbiroe
Mar 09, 2010 @ 06:00:29
waduw saya gak pernah mainan beginian gak mudenkj hehehhe
blogwalking ajah berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
makassih
😀
Kampanye Hidup Merokok
Mar 09, 2010 @ 14:31:12
Wah,
Ga ngerti yg bgituan 😛
ImUmPh
Mar 11, 2010 @ 08:03:13
@Yolanda : thanx gan!! *sesama kaskuser kayaknya :D*
@darahbiroe : hehehe terlalu rumit yach penjelasannya..
@Kam-Hid-Kok : gapapa cuma share aja.
wigati
Mar 11, 2010 @ 09:55:17
maen Glest bisa bikin skenario sendiri? :D, sampai ngaruh ke memory gak kalo pake ini?
Mamah Aline
Mar 12, 2010 @ 01:00:18
makasih sharenya, ilmu nya mantap banget mas saya sampai gak bisa ngejar…
ImUmPh
Mar 12, 2010 @ 01:54:48
@wigati : iya bisa. lumayan ngaruh ke memory sama vga juga.
@Mamah Aline : hehehe… itu mah buat para gamers, Mah!!
lambang
Mar 17, 2010 @ 23:03:51
I’m not understand bos! terlalu cupu saya, hehe.
ImUmPh
Mar 18, 2010 @ 01:44:33
Hehehe.. gapapa buat share aja!
ayyiik
Apr 30, 2010 @ 22:15:21
Xerces 2.6.0, downloadnya kok gak bisa ya??? ada lokasi lain untuk download gak?
trus download file glestnya juga lama banget, kalau di situs resmi ghestnya bisa gak ya? kalao bisa bagian yang mana?
soalnya download yang pake url dari sini lama
{Bagi anda yang mau mengunduh (kosakata baru yang saya dengar, translate dari download 😀 ), silahkan klik disini :
1. Game Glest
2. Glest Source
3. Glest Data
4. Glest Tools}
ImUmPh
May 02, 2010 @ 10:03:23
Untuk xerces-nya coba masuk ke sini http://xml.apache.org/xerces-c-new/download.cgi
Bisa langsung buka aja http://glest.org/en/downloads.php. disitu bisa donlot langsung instalannya.
Kalau source-nya bisa buka di http://sourceforge.net/projects/glest/files/
Selamat Mencoba!
heri
Mar 07, 2011 @ 00:45:46
kalau lualib nya yang mana gan?
ImUmPh
Mar 16, 2011 @ 00:08:13
Lua lib-nya sudah ada di glest_source_3.2.2.
Jadi compile terlebih dahulu shared_lib, baru compile glest_game.
Tabatha Goldrick
Jul 27, 2011 @ 02:39:28
I congratulate, the excellent message
shanti
Sep 11, 2011 @ 13:32:58
Yang bodoh dan pekok itu yang tulis artikel……kalau anda jadi guru atau dosen…..maka 1000% murid dan mahasiswa anda akan gila dan stres
ferygeps
Aug 02, 2012 @ 15:48:25
ada yg pernah compile pake code blocks di ubuntu ga ?
share dong :))
Numpang Lewat
Mar 05, 2014 @ 23:15:40
ha ha ha uenak di linux kalo udah ada wine ama koneksi internet tinggal klik dua kali di file *.exe, ”’buff”’ tunggu sebentar game udah ke install & siap di mainin.
Muhammad Ari Sawali
Jan 05, 2015 @ 23:58:30
minta software visual studio 2003nya donk gan 😦