Baiklah kali ini saya akan membagi sedikit ilmu tentang dunia compile-mengcompile.

Apakah sudah ada yang mengunduh Glest 3.2.2 source. Kalo belum silahkan unduh dulu. Bisa di unduh di sini http://sourceforge.net/projects/glest/files/. Pilih glest source versi 3.2.2 dan glest data 3.2.1.

Glest

Untuk mengcompile Glest 3.2.2 ini saya sengaja menggunakan Visual Studio 2003 karena library di Visual Studio 2003 lebih lengkap bila dibandingkan dengan Visual Studio versi lainnya. Setahu saya sich gitu, tapi kalo ada yang bisa megcompile selain dengan Visual Studio 2003 mohon kasih tau saya gimana caranya! Saya kan masih baru, jadi mohon bimbingan dari semuanya!

1. Software yang harus di install :

  • Microsoft Visual Studio 2003
  • Winrar, Winzip, 7zip atau software untuk membuka file compress.

2. External Library yang dibutuhkan :

3. Pembuatan Directori untuk penyimpanan Source file :

  • Buat folder dengan nama ‘Glest’ di drive ‘D’ atau “E” sesuai dengan selera Anda. Jangan di “C” karena nanti takut terformat apabila Anda akan install ulang Windows.
  • Di dalam folder ‘Glest’ tadi, buat kembali folder dengan nama “Dependencies” dan “Glest3.2.2”.
  • Folder ‘shared_lib’ yang ada di folder “glest_source_3.2.2\source”, folder library (‘xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60’, ‘OggVorbis-win32sdk-1.0.1’ dan ‘GLsdk’) yang telah dibuka cempress-nya (di unzip) di copy lalu paste ke folder ‘Dependencies’.
  • Buka folder ‘shared_lib’ lalu buat folder baru dengan nama ‘lib’.
  • Buka folder ‘Glest3.2.2’ lalu buat folder baru dengan nama ‘Source’ dan ‘bin’.
  • Copy semua folder yang ada di folder “glest_source_3.2.2\source\glest_game” ke folder ‘Source’ yang ada di dalam folder ‘Glest3.2.2’.
  • Copy semua file dan folder yang ada di folder “glest_data_3.2.1\glest_game” ke folder ‘bin’.

4. Pembuatan GlestLib :

  • Buka Microsoft Visual Studio 2003, pilih ‘File’ -> ‘New’ -> ‘Project’. Pada layar ‘New Project’ pilih ‘Visual C++ Projects’ -> ‘Win32’ -> ‘Win32 Console Project’.
  • Beri nama project sebagai ‘GlestLib’. Ubah ‘Location’ menjadi ‘D:\Glest\Dependecies\shared_lib’. Klik ‘OK’.
  • Di layar ‘Win32 Application Wizard’ pilih ‘Application Settings’. Di Additional Options pilih : ‘Empty Project’ dan Application type : klik ‘Static Library’. Klik ‘Finisih’.
  • Di project GlestLib yang kita buka di Visual Studio, klik kanan folder ‘Source Files’ -> ‘Add’ -> ‘New Folder’ dan beri nama ‘Graphics’. Buat lagi folder yang lainnya di dalam ‘Source Files’ dan beri nama ‘Lua’, ‘Platform‘, ‘Sound‘, ‘Util‘ dan ‘Xml‘.
  • Di dalam folder ‘Graphics’ yang terdapat pada ‘Source Files’ dan ‘Header Files’, buat folder dengan nama ‘gl’.
  • Sekarang kita dapat menambahkan file ke dalam folder yang sesuai. Dengan cara klik kanan pada folder ‘Graphics’ -> ‘Add’ -> ‘Add Existing Item’. Di dalam layar ‘Add Existing Item’, arah ke folder ‘D:\Glest\Dependencies\shared_lib\sources\graphics’, kemudian pilih semua file yang berekstensi *.cpp klik tombol ‘Open’.
  • Selanjutnya, untuk folder ‘gl’ klik kanan folder ‘gl’ -> ‘Add’ -> ‘Add Existing Item’. Di dalam layar ‘Add Existing Item’, arahkan ke folder yang ‘D:\Glest\Dependencies\shared_lib\sources\graphics\gl’, kemudian pilih semua yang berekstensi *.cpp klik tombol ‘Open’. File tersebut harus berada di subfolder yang bernama ‘gl’ yang ada di bawah folder ‘Graphics’ pada project Visual Studio.
  • Lakukan langkah yang sama pada folder ‘Lua’, ‘Platform‘, ‘Sound‘, ‘Util‘ dan ‘XML‘. Untuk folder ‘Sound’ kita hanya memasukkan file yang ada di folder ‘D:\Glest\Dependencies\shared_lib\source\sound’ dan ‘D:\Glest\Dependencies\shared_lib\sources\sound\ds8’ tanpa harus menambahkan subfolder di dalamnya. Dan untuk folder ‘Platform‘ kita memilih file yang ada di folder ‘win32‘.
  • Sekarang kita membutuhkan langkah yang sama untuk ‘Header Files’. Jadi buatlah folder di bawah ‘Header Files’ di dalam project (‘Graphics‘, ‘Graphics\GL‘, ‘Lua’, ‘Platform‘, ‘Sound‘, dan ‘XML‘). Setelah membuat folder, ulangi langkah di atas untuk menambahkan file ke dalam folder yang sesuai, tapi arahkan ke folder ‘D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\’. Kali ini kita hanya akan menambahkan file yang berekstensi *.h, bukannya *.cpp seperti sebelumnya.
  • Selanjutnya kita memerlukan file yang ada di library GLsdk. Ada file sebuah  source file (glprocs.c) and beberapa header files (wglext.h, gl.h, glext.h, glprocs.h). File tersebut berada di folder ‘D:\Glest\Dependencies \GLsdk\GL’. Gunakan cara seperti di atas untuk menambahkan 1 source file dan 4 header file. Simpan saja file tersebut di folder ‘Source Files’ dan ‘Header Files’  tanpa harus membuat folder baru.
  • Klik kanan project ‘GlestLib’ di Visual Studio dan pilih ‘Properties’. Klik folder ‘C/C++’ dan pilih ‘General’. Atur ‘Output Directory’ isi dengan ‘.\lib’. Kemudia klik ‘Additional Include Directories‘, lalu atur seperti berikut :

D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\graphics
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\graphics\gl
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\lua
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\platform\win32
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\sound
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\sound\ds8
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\util
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\xml
D:\Glest\Dependencies\GLsdk\GL
D:\Glest\Dependencies\oggvorbis-win32sdk-1.0.1\include
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\include

  • Di bawah ‘General’, klik ‘Precompiled Headers’. Atur ‘Create/Use Precompiled Header‘ menjadi ‘Not using precompiled headers‘.
  • Klik folder ‘Librarian’ dan pilih ‘General’. Atur ‘Output File’ menjadi ‘$(OutDir)/GlestLib.lib’ untuk ‘Release’ dan ‘$(OutDir)/GlestLibd.lib’ untuk ‘Debug’.
  • Klik ‘Additional Library Directories‘, lalu atur seperti berikut :

C:\Program Files\Microsoft Visual Studio .NET 2003\Vc7\PlatformSDK\Lib;
D:\Glest\Dependencies\oggvorbis-win32sdk-1.0.1\lib;
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\lib;
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\bin;
D:\Glest\Dependencies\lualib

  • Sekarang silahkan compile projectnya. Klik kanan ‘GlestLib’ project pilih ‘Build’. Atau tekan tombol ‘F5’. Apabila Anda telah mencoba membuild project tetapi gagal, klik ‘Clean Solution’, kemudian klik ‘Build’ kembali.
  • Untuk melihat hasil compile, silahkan buka folder ‘lib’ yang ada di dalam folder ‘shared_lib’ dan temukanlah file GlestLib.lib.

5. Pembuatan Glest 3.2.2 :

  • Buka Microsoft Visual Studio 2003 atau pada project ‘GlestLib’, pilih ‘File’ -> ‘New’ -> ‘Project’. Pada layar ‘New Project’ pilih ‘Visual C++ Projects’ -> ‘Win32’ -> ‘Win32 Console Project’.
  • Beri nama project sebagai ‘Glest’. Ubah ‘Location’ menjadi ‘D:\Glest\Glest3.2.2‘. Klik ‘OK’.
  • Di layar ‘Win32 Application Wizard’ pilih ‘Application Settings’. Di Additional Options pilih : ‘Empty Project’ dan Application type : klik ‘Console Application’. Klik ‘Finisih’.
  • Di project ‘Glest’ yang kita buka di Visual Studio, klik kanan folder ‘Source Files’ -> ‘Add’ -> ‘New Folder’ dan beri nama ‘Ai’. Buat lagi folder yang lainnya di dalam ‘Source Files’ dan beri nama ‘Facilities’, ‘Game‘, ‘Global‘, ‘Graphics‘, ‘Gui’, ‘Main’, ‘Menu’, ‘Network’, ’Sound’, ‘Type_Instances’, ‘Types’ dan ‘World‘. Lakukan hal yang sama di dalam folder ‘Header Files’.
  • Sekarang kita dapat menambahkan file ke dalam folder yang sesuai. Dengan cara klik kanan pada folder ‘Ai’ -> ‘Add’ -> ‘Add Existing Item’. Di dalam layar ‘Add Existing Item’, arah ke folder ‘D:\Glest\Glest3.2.2\Source\ai’, kemudian pilih semua file yang berekstensi *.cpp klik tombol ‘Open’.
  • Lakukan langkah yang sama pada folder ‘Facilities’, ‘Game‘, ‘Global‘, ‘Graphics‘, ‘Gui’, ‘Main’, ‘Menu’, ‘Network’, ’Sound’, ‘Type_Instances’, ‘Types’ dan ‘World‘.
  • Sekarang kita membutuhkan langkah yang sama untuk ‘Header Files’. Jadi buatlah folder di bawah ‘Header Files’ di dalam project (‘Ai’, ‘Facilities’, ‘Game‘, ‘Global‘, ‘Graphics‘, ‘Gui’, ‘Main’, ‘Menu’, ‘Network’, ’Sound’, ‘Type_Instances’, ‘Types’ dan ‘World‘). Setelah membuat folder, ulangi langkah di atas untuk menambahkan file ke dalam folder yang sesuai, tapi arahkan ke folder ‘D:\Glest\Glest3.2.2\Source\’. Kali ini kita hanya akan menambahkan file yang berekstensi *.h, bukannya *.cpp seperti sebelumnya.
  • Klik kanan project ‘Glest’ di Visual Studio dan pilih ‘Properties’. Klik folder ‘C/C++’ dan pilih ‘General’. Atur ‘Output Directory’ isi dengan ‘..\bin’. Kemudia klik ‘Additional Include Directories‘, lalu atur seperti berikut :

D:\Glest\Glest3.2.2\Source\ai;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\facilities;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\game;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\global;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\graphics;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\gui;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\main;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\menu;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\network;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\sound;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\type_instances;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\types;
D:\Glest\Glest3.2.2\Source\world;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\graphics;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\graphics\gl;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\lua;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\platform\win32;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\sound;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\sound\ds8;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\util;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\include\xml;
D:\Glest\Dependencies\GLsdk\GL;
D:\Glest\Dependencies\oggvorbis-win32sdk-1.0.1\include;
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\include

  • Di bawah ‘General’, klik ‘Precompiled Headers’. Atur ‘Create/Use Precompiled Header‘ menjadi ‘Not using precompiled headers‘.
  • Klik folder ‘Linker’ dan pilih ‘General’. Atur ‘Output File’ menjadi ‘$(OutDir)/Glest.exe’ untuk ‘Release’ dan ‘$(OutDir)/Glestd.exe’ untuk ‘Debug’.
  • Klik ‘Additional Library Directories‘, lalu atur seperti berikut :

C:\Program Files\Microsoft Visual Studio .NET 2003\Vc7\PlatformSDK\Lib”;
D:\Glest\Dependencies\lualib;
D:\Glest\Dependencies\GLsdk\GL;
D:\Glest\Dependencies\oggvorbis-win32sdk-1.0.1\lib;
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\bin;
D:\Glest\Dependencies\xerces-c_2_6_0-windows_nt-msvc_60\lib;
D:\Glest\Dependencies\shared_lib\lib

  • Klik ‘Input’ di bawah folder ‘Linker’, isi ‘Additional Dependencies‘ seperi berikut :

OpenGL32.lib
glu32.lib
glaux.lib
dsound.lib
dxguid.lib
GlestLib.lib
ogg_static.lib
vorbis_static.lib
vorbisfile_static.lib
xerces-depdom_2.lib
xerces-c_2.lib l
ua51.lib
Ws2_32.lib
BGHELP.lib

  • Sekarang silahkan compile projectnya. Klik kanan ‘GlestLib’ project pilih ‘Build’. Atau tekan tombol ‘F5’. Apabila Anda telah mencoba membuild project tetapi gagal, klik ‘Clean Solution’, kemudian klik ‘Build’.

6. Jalankan file exe yang telah di compile

  • Buka folder ‘bin’ yang ada di dalam folder ‘D:\Glest\Glest3.2.2’ jalankan file ‘Glest.exe’.

Hal yang perlu diperhatikan adalah komputer anda harus dapat menjalankan Glest. Untuk mengetahuinya, terlebih dahulu install Glest yang sudah ada sebelumnya (instalannya).

Penjelasan :

  1. Drive ‘D’ adalah drive yang ada di komputer yang saya pakai. Silahkan anda mengatur sendiri Drive mana yang akan anda pakai sesuai keinginan anda.
  2. Untuk menginstall glutlib anda dapat membaca file ‘Read Me.txt’.

Tips :

  1. Untuk penulisan direktori sebaiknya ditulis seperti ini ‘..\include\graphics’. Gunanya apabila project itu akan dipindah ke direktori yang berbeda, tidak perlu mengatur kembali. Makan banyak waktu.

Untuk penjelasan lebih lanjut bisa lihat di website Glest atau pun bergabung dengan Forum Glest. Setelah source bisa di compile dengan sukses, maka sekarang anda dapat membuat scenario game anda sendiri berdasarkan Engine Glest ini.

Selamat Mencoba!

Begitulah ilmu yang dapat saya bagi pada postingan kali ini. Kalo ada  yang mau ditanyakan silahkan memberikan komen. Atau apabila ada yang mau menyanggah atau memberikan masukkan akan saya terima dengan senang hati.

Untuk referensi selebihnya bisa dilihat di :

Note : Sebenarnya saya ingin memposting ini dari jauh-jauh hari, tetapi karena kesibukan dan sangat MALAS-nya saya untuk mengingat kembali langkah-langkah yang sedikit rumit sehingga pekerjaan ini sedikit terhambat. Semoga bermanfaat.